Tuesday, December 05, 2006

Nasib tinggal di rumah susun

Udah 2 hari ini, mulai jam 9.30, kuping ini berasa budek ngedengerin orang ngebor di lantai atas. Gak tanggung-tanggung, 2 bor sekaligus di jalanin. Mungkin maksudnya biar cepet selesai gitu, tapi kan yang ngedenger sakit kuping.
Begini ini nasib tinggal di rumah susun atau yang istilah Singaporenya HDB. Apalagi kalo tetangga yang tinggal di lantai atas demen banget renovasi rumahnya. Uh.... kita yang tinggal di lantai bawahnya jadi korban nih.
Renovasi yang lagi dikerjain ini adalah renovasi kedua yang mereka lakuin sejak Bunda pindah kesini. Bisa dibayangin, belon juga setahun kita nempatin unit ini, Bunda dan Dandy udah harus bersakit kuping ngedengerin bunyi bor yang gak ada bagus-bagusnya itu untuk kedua kalinya. Kelebihan duit kali ya tuh orang atas, renovasi mulu. Mo marah deh.
Emang sih, mereka renovasi pake ijin. Tapi sapa yang bisa jamin kuping ini gak sakit dan pegel ngedengerin bunyi bor sepanjang hari selama 3 hari berturut-turut? Belon lagi efek samping pengeboran terhadap unit yang kita tempatin ini. Seperti yang pernah terjadi di renovasi sebelumnya, gara-gara mereka ngebor, kamar mandi kita kena rembesan bocor dari atas. Entah itu air bersih atau air kotor, yang jelas yang kita liat airnya kotor dan bau. Ampuuuuunnn deh. Waktu itu kita baru pindah kesini, lha kok udah dapet hadiah yang gak nyenengin begitu. Ngalamin itu kita gak tinggal diam. Ayah langsung ngelaporin kejadian itu ke agent dilengkapin dengan foto-foto kebocoran sebagai bukti. Agent ngelanjutin komplen kita ke owner. Owner ngelanjutin lagi komplenan ke pihak HDB. Baru deh HDB turun tangan negor pemborong yang lagi ngerjain renovasi di atas. Abis itu baru si pemborong nengok kebocorannya di tempat kita. Panjang emang prosesnya, tapi begitulah Singapore. Begitulah HDB. Kita gak bisa dan gak boleh tuh yang namanya ngamuk atau protes langsung ke tetangga. Semua kudu diselesaiin lewat HDB.
Nah untuk renovasi kedua, entah pemborongnya beda atau belajar dari kesalahan pertama, sehari sebelum dimulainya renovasi, si project manager datengin rumah kita. Dia bawa selembar kertas pemberitahuan yang isinya ngasih tau kalo di atas bakal mulai di renovasi yang bakalan nimbulin a lot of noise. Dan dia juga bilang, kalo terjadi apa-apa, silahkan call dia di nomor telpon yang tertera di kertas itu. Mmm... itikad baik. Nah trus, kemaren, pagi-pagi jam 9.30 an, supervisor pekerjaan renovasi di atas dateng dan ngasih tau bahwa pekerjaan bor akan di mulai sesaat lagi. Buru-buru deh Bunda ngasih tau Dandy supaya dia gak kaget dan takut begitu denger bunyi bor. Kebetulan kemaren Bunda ada acara keluar, jadi kita gak ngedengerin bunyi bor lama-lama. Tapi hari ini, Bunda lagi gak pingin kemana-mana, mosok Bunda dan Dandy harus ngedengerin suara bor sepanjang hari sihhhh...???

2 comments:

Benedicta Marisa said...

Udah.. maen aja ke Tanjong Katong..heheheeh.. disini juga ada suara ngebor.. dari depan rumah ama jalanan disebelah.. muanteebb, kan?

Wulan Hanson said...

mendingan gak ya denger suara bor?? (bukan inul ngebor lho ya :P) daripada denger orang tereak2 minta sumbangan pembangunan mesjid persis di dpn rumah bekasi, tiap hari dari jam 7 pagi sampe jam 5 sore! "yak, dilanjuuut, lemparkan saja! jangan malu pak, jangan ragu bu!" udh gitu pake nyanyi2 dengan suara sember gak ktulungan.. *ngelus dada sambil ngorek kuping* rasanya emang pengen ngelemparin orangnya pake batu biar benjoel-benjoel..